Sabtu, 04 Agustus 2012

Mainboard Laptop

Mainboard laptop terdiri dari berbagai macam komponen yang satu sama lain saling terkait.Komponen komponen yang utama dalam mainboard laptop adalah IC control yang mana IC tersebut mengontrol Gerbang gerbang setiap tegangan untuk menjalankan sebuah modul sehingga si laptop dapat menyalah.

Bayangkan beratus ratus atau mungkin mencapai ribuan komponen yang tersimpan di papan induk tersebut.

Untuk menentukan kerusakan kita haruslah menganalisa di setiap tiap modul apa bila terjadi tegang kurang atau berlebih atau mungkin tidak ada sama sekali alias mati total.

Mati total dikatagorikan silaptop tidak mengeliarkan lampu sama sekali,apa bila kita coba charger kemungkinan besar lampu indikator tidak akan keluar dikarenakan adanya short tegangan akibat Komponen mainboard laptop yang terbakar,atau bisa juga bad contec diakibatkan laptop kepanasan yang mengakibatkan timah solder menjadi kurang bagus atau kurang nempel di papan sircuit maninboard laptop tersebut yang diakibatkan oleh mamfatnya kipas untuk pembuang hawa panas yang tersumbat oleh kotoran yang mengakibatkan mainboard laptop menjadi panas.

Selama ini saya memperhatikan untuk kadar timah di mainboard laptop dan dengan mainboard TV CRT tidaklah sama,kemungkinan besa mainboard laptop lebih keras titik leburnya dibandingkan mainboard TV CRT,dikarenakan Mainboard laptop terdapat 6 layer atau lebih hal hasil di tiap tiap lapisan mendapatkan pendinginanan akibat bertumpuknya lapisan jalur mainboard yang berlapis.

Sedangkan mainboard TV CRT hanya mempunyai 1 layer saja atau satu lapis saja dan apa bila kepanasan si timah solder akan pecah pecah dan tidak menempel di papan sircut tersebut.

Ada kemungkinan hanya dengan mensolder ulang Si mainboard TV CRT mungkin pekerjaan akan telah selesai apa lagi di barengi minum kopi dan ditemani sebungkus rokok pekerjaan tidak akan terasa.

Lain halnya dengan mainboard laptop.....memang banyak sih komponen yang tersimapan disana bila tidak mengenalinya mungkin saja Tehknisi akan tecegung harus beerbuat apa,...alias diam tersipu malu.

Dan untuk menentukan masalah memang harus ditentukan dimana yang bermasalah,akan tetapi si USER alias penguna laptop tetap menuntut kita untuk menyelesaikan  karena mereka berharap dari satu atau lebih berharap ada yang terselesaikan bila tidak...........pastilah ketempat lain.

Mainboard laptop memang tidak semua bisa diservice dikarenakan mungkin terlalu banyak komponen yang rusak,yang hilang di tempat service lain,atau terkadang jalur yang rusak akibat menyolder dan komponen yang terlalu panas dan terkadang short jalur di lapisan tengah.


Jadi diusahakan dulu sebelum anda mengganti mainbord yng mungkin dengan harga selangit dan kondisi barang kosong/menunggu lama,

Demikian Infonya ,..temukan info info yang lain di :

TEKNISI LAPTOP, PGC CILILTAN


Tehknisi Laptop Mati Total