Kamis, 21 Februari 2013

LAPTOP TOSHIBA L510 BLANK

Ada beberapa kemungkinan yang membuat Laptop Thosiba yang Tiba-tiba Blank. diantaranya:

1. Processor Rusak
2. Motherboard Rusak
3. LCD Rusak / Bisa juga ada masalah pada kabel konektornya
4. VGA Rusak
5. Ram Rusak
7. Power Suplly Rusak
8. Device tidak pas/kendor/ada yang patah


CARA MENGATASI LAPTOP YANG BLANK.
Jika kita lihat gejala2 yang tejadi pada LAPTOP TOSHIBA L510 milik sahabat kita diatas (sayang point no 3. "Layar Blank tak ada tanda2 sama sekali") tidak dijelaskan apakah Blue Screen, Black Screen, atau White Screen. Apakah terdengar bunyi beep atau memang tidak sama sekali. Sebab dalam penagalaman saya ada beberapa jenis BLaNK dan kode kerusakan yang ditandai dengan bunyi beep.

Langkah yang harus kita lakukan adalah antara lain :

1. Periksa Panel Display
untuk memastikan bahwa Panel Display rusak, maka cobalah hubungkan laptop dengan layar eksternal. ubah mode layar melalui keyboard laptop dari mode layar internal ke mode layar eksternal. jika layar eksternal berhasil menayangkan display maka bisa dipastikan kerusakan ada di panel display internal. layar eksternal bisa berupa monitor CRT jika output berupa monitor (VGA) port, atau HDTV jika output berupa HDMI. kerusakan di panel display ada beberapa yaitu diantaranya: kerusakan di inverter, kabel fleksibel, dan LCD. kalau ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL), atau kabel fleksibelnya. Singkatnya: Hubungkan Monitor crt atau LCD ke port vga yang ada di laptop. Apabila Monitor menangkap gambar dengan normal ini berarti masalah terjadi pada Lcd laptop anda.

2.kerusakan pada VGA
kerusakan chipset VGA umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated semisal dari nVidia atau Ati. kerusakan VGA dari Chipset integrated misal VGA Intel sangat jarang terjadi, kerusakan VGA yang terjadi berbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. yang sering terkena pada bagian VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPU nya.

MENGATASINYA:
kerusakan padA PANEL DISPLAY
- Apabila kerusakan terjadi pada Panel Display sebaiknya bawa ke tempat service.

kerusakan padA VGA
Jika kerusakannya pada VGA anda dapat mengikuti langkah2 berikut ini. Namun anda harus berhati-hati sebab langkah-langkah yang akan saya berikan memerlukan ketelitian. Pertama-tama tentunya kita akan membongkar Laptop yang rusak tersebut (lihat manual guard Book untuk mendapatkan informasi bagaiamana cara membongkar laptop yang anda gunakan). Dan yang akan kita "operasi" adalah Motherboarnya. Ikiuti langkah2 berikut.

1. Memberbaiki VGA onboard dengan cara Reflow yaitu chipset yang ada pada motherbioard di Reflow 

2. Memberbaiki VGA onboard dengan cara Reball yaitu mengganti bola-bola pin di bawah dudukan chipset, sehingga sambungan yang jelek bisa diperbaiki lagi. bola-bola pin yang terbuat dari lead free soldering (bebas timbal) lebih mudah rusak karena perubahan suhu bila dibandingkan dengan menggunakan menggunakan bahan leaded soldering. 

3. Cek tegangan pada bagian VGA dan Prosesor Apakah stabil tidak ada yang Goyang akibat kurang suplaynya atau komponen yang mulai melemah akibat hawa panas yang ditimbulkan laptop secara terus menerus

demikian pengalaman saya dalam mengatasi Laptop yang tiba-tiaba BLANK. semoga membantu.

Tehknisi Laptop Mati Total