Kamis, 21 Februari 2013

VGA PROBLEM / BLANK SCREEN

Mungkin ada yang baru liat Cipset VGA seperti apa sih,....sekerdar informasi kalau di laptop bentuk Chipset VGA bermacam2 tergantung dari spesipikasi laptop itu sendiri,....

Setahu saya bentuk Chipset VGA ini yang ditengah itu ada lah inti atau induk dari VGA ( yang berbentuk karistal dan yang berwana kehijauan itu adalah kumpulan penghantar atau jalur yang kurang lebih terdapat 200 atau lebih jaluh yang berpungsi sebagai kaki2 sebagai penghubung Chipset ke ainboard.

Dan tentunya terdapat beberapa lapis tembaga yang berfungsi sebagai jalur yang terbuat dari tembaga,bisa dibayangkan walau pun sekecil ini bila terdapat berlapis @ logam ia berfungsi sebagai Heatsing pendingin yang sangat cepat enyerap panas di bandingkan logam lainnya, dikarenakan tembaga adalalah penghantar yang paling bagus sebagai penghantar.

Kalau kita lihat di bagian bawahnya terdapat timah2 butiran yang menemper antara Chipset ke mainboard dan tidak lah gampang untuk mengangkat dan memesangnya karena chipset ini terkenal sangat keras menempel ke mainboarnya.


Pernah saya mencoba membongkar dengan solder uap biasa akan teteapi tetap chipset ini tidak goyang ssedikitpun. Kalo aku bilang chipset ini kecil2 cabe rawit.

Bisa di bilang Buah si Mala Kama,....kalau tidak diangkat VGA teteap akan Problem, Bila diangka dan tidak tahu tehkniknya mainboard akan melengkung seperti buah pisang yg rata melengkung.

Setelah saya pelajari akhirnya say mengerti,...ada tehknik yang harus kita pelajari itu pun harus bersabar.Teringat pepatah seorang ,......Untuk mengangkat sebuah Chipset Pintar saja tidak Cukup ,...harus dibarengi dengan kesabaran dan ketekunan seseorang,....

Jadi apa bila yang ga sabar,...chipset ini tidak akan terangkat,..demikian infonya,....semoga bermanfaat,..salam,......

Tehknisi Laptop Mati Total